Wednesday, October 24, 2012

Naskah Drama Persahabatan



NASKAH DRAMA KELOMPOK 4
XI IPA 1
SMAN NEGERI 2 MODEL WATAMPONE

Tokoh             :
1.      Adiara Firdhita sebagai firdhi (pacar fidy)
2.      Nurqadryanti Hasanuddin sebagai nunu (anak udik)
3.      Muhammad Fadly Hafid sebagai fidy (pacar firdhi)
4.      Sri Hardianti Baharuddin sebagai sri (teman firdhi)
5.      Putri Amalia sebagai amalia (teman firdhi)
6.      A. Irdam Hidayat sebagai irdam (teman fidy)
7.      A. Fajar Bone Putra sebagai fajar (ayah firdhi sekaligus teman nunu)
8.      Mutnainnah sebagai nina (ibu firdhi sekaligus dosen)

01.      (Pagi sudah sedari tadi menyambut, biru awan yang terhampar luas sebagai atap bagi setiap makhluk yang hidup dimuka bumi, walau tak terlihat langsung oleh dhita dan ibunya, namun kebahagiaan di suasana itu sangat tergambar jelas diwajah mereka.  Firdhi dan ibunya duduk dimeja makan sambil menyantap makanan yang ada dihadapan mereka masing-masing)
02.     Ibu firdhi            : kamu suka sama kampus barunya ?
03.     Firdhi      : belum tau ma ! kan ini hari pertama firdhi
04.     Ibu firdhi            : mmm … kalau gitu semoga hari pertama kamu menyenangkan .
05.     Firdhi      : makasih ma ! ( selesai makan, membereskan tas lalu bersiap pergi dan mencium mamanya) firdhi pergi dulu yah ma.
06.     Ibu firdhi            : iya, hati-hati yah
07.     (tak berapa lama dengan perjalanan yang cukup singkat, firdhi telah tiba dikampus barunya, berjalan hingga akhirnya tiba dikelas dan betapa kagetnya firdhi ketika mendapati kursi depan yang sebelumnya dia pesan malah ditempati nunu)
08.     Firdhi      : (berjalan menghampiri nunu) heh, kamu siapa ?
09.     Nunu       : (dengan santai menjawab) kenalkan aku nunu
10.     Firdhi      : aku nggak minta kamu memperkenalkan diri, tapi kamu terlalu berani
11.     Nunu       : berani kenapa ?
12.     Firdhi      : iya, berani-beraninya nempatin kursi ini ! kamu tau ? kursi ini udah aku pesen jauh sebelumnya.
13.     Nunu       : (bingung) hah ? kamu punya hak apa untuk memesan kursi ini ? kamu mahasiswi, aku mahasiswi, aku pikir-pikir punya hak sama untuk duduk dimanapun kita mau.
14.     Firdhi      : kamu terlalu banyak bicara, pake Tanya apa hakku segala ! kamu harus tau satu lagi, aku firdhi anak pemilik yayasan dikampus ini, ngerti ?
15.     ( ditengan perdebatan, tiba-tiba datang sri dan amalia dan tanpa buang waktu langsung menghampiri firdhi dan membantunya)
16.     Sri            : ada apa fir ?
17.     Firdhi      : nih, masa dia berani ngambil kursi yang udah ku pesan
18.     Amalia     : masa ! memangnya anak siapa dia ?
19.     Sri            : kayaknya sih anak dari orang udik. Liat aja dari mukanya
20.     Firdhi cs  : (tertawa terbahak-bahak)
21.     Firdhi      : eh, ngomong-ngomong dosen gak masuk ? soalnya udah jam berapa nih
22.     Sri            : kayaknya sih nggak, dosen nggak masuk hari ini
23.     Amalia     : bagus, supaya kita bisa puas ngasih cewek ini pelajaran
24.     (tiba-tiba fidy datang )
25.     Fidy         : ada apa ini ?
26.     Firdhi      : (dengan manja mengadu pada fidy) ini nih dy, masa dia mau ngambil kursi  yang udah aku pesan !
27.     Fidy         : tapi, kalian nggak perlu semarah itu kan ! ini Cuma masalah kursi
28.     Firdhi      : lho ! kamu kok malah belain dia sih !
29.     Fidy         : aku nggak belain dia. Tapi, emang kalian yang keterlaluan pake marah-marah segala
30.     Firdhi      : kok kamu marah ?
31.     Fidy         : aku nggak marah, aku Cuma kecewa sama kamu, karena akhir-akhir ini kamu terlalu egois, agresif, dan pemarah.
32.     Firdhi      : lho ! kamu kok malah ngungkit-ngungkit hubungan kita
33.     Fidy         : firdhi ! kamu dulu nggak gini ! kamu baik, tapi kenapa sekarang kamu harus jadi kayak gini ? aku capek sama kamu yang sekarang, dan kalau kamu nggak mau berubah lebih baik kita putus !
34.     Firdhi      : hah ? putus, kalau kamu berani putusin aku aku , aku nggak bakal mikir panjang buat ngeluarin kamu dari kampus ini
35.     Sri            : astaga … fidy, firdhi itu sayang kamu, tega yah kamu seperti itu
36.     Amalia     : iya nih, masa lebih milih cewek udik ini dari pada firdhy (sambil mendorong nunu)
37.     Firdhi      : ayo sri, lia … kita pergi aja dari sini (firdhi cs pun meninggalkan kelas itu )
38.     Fidy         : (menuju nunu dan membantunya berdiri) kamu baik-baik aja kan ?
39.     Nunu       : iyaa, aku baik-baik aja, makasih
40.     Fidy         : iya, omongan mereka jangan diambil hati yah.
41.     (senja tiba, mengantar matahari kembali tertidur. Setelah seharian menyinari dunia, senja itu pun mengantar firdhi yang termenung dikamarnya untuk kembali memutar memori masa lalu ketika keluarganya masih utuh)
42.     Firdhi      : ( melihat foto dirinya, ayah, dan ibunya sambil tersenyum ) andai semuanya bisa kembali (tapi kembali murung ketika mengingat percekcokan ayah dan ibunya, lalu melempar foto itu) benci ayah ….
43.     (dan keesokan harinya, diruang kelas itu semua mahasiswi telah duduk denganrapi memperhatikan dosen)
44.     Ibu nina  : kalian tentu sudah dewasa, saya fikir tugas ini bukanlah hal yang sulit
45.     Irdam      : tugas apa tuh ibu ?
46.     Ibu nina  : bertepatan dengan hari valentine yang sebentar lagi tiba. Oleh karena itu, saya menugaskan kalian untuk membuat puisi cinta
47.     (semua mahasiswi berseru kegirangan)
48.     Irdam      : iyaa bu …pasti puisi saya yang paling bagus
49.     Fajar        : sory yah. Gue adalah orang teromantis dikelas ini. Pasti yang punya puisi bagus tuh, gue …. !
50.     Ibu nina  : sudah sudah, kerjakan dulu kemudian akan ketahuan siapa yang terbaik. Baik ibu tinggal dulu yah.
51.     Mahasiswa : iya ibu …
52.     (kelas sepi, saat  tiba-tiba fidy masuk menyimpan sepucuk surat lalu pergi, dan tak berselang sama datanglah nunu yang langsung mendapati sebuah surat. karena penasaran, nunu pun mendekatinya dan mendapati tulisan di sampul surat “untuk nunu”. Nunu membacanya sambil tersenyum sendiri lalu pergi.)
53.     (dari kelas nunu lalu kekantin, nunu sengaja menaruh surat fidy di atas meja lalu memandanginya sambil tersenyum. Dari kejauhan  firdhi cs memperhatikan tingkah nunu)
54.     Firdhi       : eh … nunu kenapa tuh senyam senyum sendiri
55.     Sri            : iyaa kenapa yah
56.     Amalia     : kita kesana yuk!
57.     Firdhi       : ayo cepet-cepet
58.     (nunu sedang mengerjakan tugas puisi dari dosen di kantin. Saat tiba-tiba firdhi cs datang dan merebut surat fidy)
59.     Firdhi      : (merampas puisi dan surat) eh, apa nih ? liat dong
60.     Nunu       : jangan fir
61.     Firdhy     : wah … ini surat dari fidy yah ? wah … ini balasan dari kamu ? jadul banget sih pake surat-suratan segala
62.     (sri dan amalia lalu memegang tangan nunu dan memaksanya untuk naik berdiri di atas meja, sedangkan firdhi membaca surat nunu dengan mimic lebay. Seluruh orang dikantin menertawai, mengejek dan melemperai nunu dengan mie instan. Nunu merasa malu dan menangis lalu berlari mengambil bukunya)
63.     Nunu       : kalian apa- apaan sih, emang aku salah apa sama kalian ? (menangis, mengambil buku lalu pergi)
64.     Amalia     : ini nih yang gue tunggu-tunggu
65.     Firdhi      : yes, kita berhasil
66.     Sri            : asik, puas gue
67.     (di tempat lain duduklah nunu sendiri merenung dan tiba-tiba fajar menghampiri nunu)
68.     Fajar        : hey, kamu kenapa ? kok nangis sih ?
69.     Nunu       : (sambil mengusap air matanya) oh, nggak kok
70.     Fajar        : kamu nggak bisa bohongin aku
71.     Nunu       : tadi di kantin aku di permaluin
72.     Fajar        : apa ? siapa yang melakukannya ? firdhi cs yah ?
73.     Nunu       : (dengan sebel menjawab) ih kamu udah tau pake nanya …
74.     Fajar        : kan cuman mau pastiin. Udah sahabatku, tidak perlu sedih, aku selalu ada untukmu
75.     Nunu       : makasih
76.     (pagi itu semua mahasiswa berkerumun di sebuah papan pengumuman yang mengumukan kegiatan mapala, dan diantara kumpulan mahasiswa ada fidy dan irdam)
77.     Irdam      : eh, fidy kamu ikutan kemah ini?
78.     Fidy         ; nggak tau juga nih !
79.     Irdam      : ikut aja
80.     Fidy         : mmm (berfikir) ok deh !
81.     (di ruang kelas firdhi cs sedang berbincang-bincang)
82.     Amalia     : kamu mau ikutan kemah mapala nggak ?
83.     Firdhi      : kemah ?
84.     Amalia     : iya kemah !
85.     Firdhi      : hmm, gimana yah ?
86.     Sri            : ikutan aja deh. Soalnya fidy ikutan juga loh
87.     Amalia     : ikut aja deh
88.     Firdhi      : iya iya iya
89.     (semua mahasiswi MAPALA telah tiba di lokasi perkemahan, terlihat firdhi cs selalu menyuruh-nyuruh dan hanya bersantai)
90.     Firdhi      : eh, fadly bawain barang-barang aku dong. Eh, sekalian dirikan tenda juga yah
91.     (firdhi, sri, dan amalia hanya duduk dan menikmati cemilan yang mereka bawa tanpa memperdulikan teman-teman mereka yang sedang bekerja)
92.     (tiba saat malam yang begitu indah dan tepat di bawah taburan bintang terlihat mahasiswa sedang bernyanyi riang dan fadly terlambat datang lalu lebih memilih untuk duduk diantara nunu dan irdam dari pada duduk dengan firdhi cs.)
93.     Irdam      : eh, dari mana aja ?
94.     Fidy         : gak dari mana-mana
95.     Irdam      : kok duduk disini? Kenapa nggak sama pacar kamu tuh
96.     Fidy         : nggak usah ngeledek deh
97.     (disisi lain amalia teriak dan membentak nunu dan fajar yang sedang asyik bernyanyi)
98.     Sri            : idih … !!! suara pas-pasan aja kok mau nyanyi ! diem aja mendingan (dengan muka menghina)
99.     amalia     :iya tuh, PD banget nyanyi, kayak suara mereka aja yang paling bagus, KD kalah cempreng tuh(sambil tertawa)
100.irdam      : udah-udah sekarang itu waktunya kita semua gembira-gembira, bukannya bertengkar gini
101.(api unggun itu berlangsung singkat dan semua bubar karena malam telah larut, keesokan paginya, ibu nina membacakan jadwal piket dan yang mendapat tugas adalah firdhi cs)
102.Firdhi      : bodo amat kita yang masak.
103.Amalia     : iya nih seharusnya tuh ibu kalau mau nyuruh sama orang orang yang pantas dong
104.Dosen      : sudah-sudah kerjakan saja. Ibu tinggal dulu yah
105.Amalia     : eh, gue punya ide, kita paksa si udik itu aja
106.Sri            : iya bener,
107.Firdhi      : hey kamu, iya kamu …
108.Nunu       : aku ?
109.Amalia     : iya kamu oon
110.(tapi tanpa disadari fidy,irdam, fajar mendengar pembicaraan firdhi cs)
111.Fidy         : jangan kasar gitu dong
112.Fajar        : iya … jadi cewe yang lembut dikit
113.amalia     : helooo fajar . . . . tidak usah sok ngebelain loh, gue tau kok kalau loh itu suka sama si udik itu, hahahaha (tertawa)
114.firdhi       : iya nih, kamu juga fidy, bukannya ngebelain aku
115.fidy          : firdhy. Harus berapa kali aku bilang sama kamu aku nggak suka kamu yang sekarang. Aku akan terus begini jika kamu masih bersikap seperti itu.
116.Nunu       : sudah, biar saya saja yang masak
117.Fajar        : aku bantu deh ….
118.(saat fajar dan nunu memasak. Firdhy,fidy, sri, amalia, dan irdam melanjutkan percekcokan mereka)
119.Irdam      : iya nih fir, betul kata fidy. Kamu sekarang beda dari yang dulu.
120.Dhita       : (hanya terdiam dan kesal)
121.Sri            : jangan menyalahkan firdhy terus dong, firdhy seperti ini karena . . . .
122.Firdhi      : (sambil memotong pembicaraan sri dan menutup mulutnya) udah deh, jangan diterusin lagi
123.Fidy         : ada apa sih sebenarnya ?(dengan mimik  yang heran)
124.Firdhi      : tidak ada apa kok dy, udah sana kembali ke tenda kamu gih
125.(fidy pun kembali ke tendanya dan tak lama berselang tiba-tiba HP firdhi berdering ternyata yang menelepon adalah ibunya dan membawa kabar buruk untuk firdhy)
126.Firdhi      : (dengan wajah senang mengangkat telepon ibunya) halo mama, ada apa ? kangen yah sama firdhi ! apa ???  harta kita di sita oleh bank ? mama bercanda deh ( sambil menutup telepon dari ibunya dan melemparkankan HPnya ke dalam tenda)
127.Sri            : apa ? kamu udah nggak punya harta lagi ?
128.Firdhi      : iya, semua hartaku udah di sita oleh bank karena hutang ayahku dulu
129.Amalia     : idih, jadi sekarang kamu jadi gembel dong
130.Firdhi      : (karena kesal melihat sahabatnya ngomong seperti itu maka firdhi pun jadi kesal dan spontan menjawab) emang kenapa ? masalah buat  loh ?
131.Sri            : eh, tidak usah nyolot dong. Sekarang kamu bukan siapa-siapa lagi. Boro-boro mau temenan sama kamu, deket kamu aja kita nggak mau. Iyakan lia
132.(sri dan amalia pun pergi begitu saja, tapi dibelakang tenda nunu mendengar semuanya dan langsung menghampiri firdhi yang sedang sedih di tenda)
133.Nunu       : sabar yah fir, itulah hidup. Ada yang namanya roda kehdupan yang senantiasa berputar. Jangan sedih, ini adalah cobaan dari tuhan
134.Firdhi      : makasih yah, kenapa kamu baik sama aku, akukan suka menyakitimu. Apa kamu tidak dendam sama aku ?
135.Nunu       : kata ibuku jika ada orang yang menyakitimu jangan pernah menyakitinya juga tapi tetaplah bersikap baik kepadanya karena manusia itu hatinya bisa luluh karena kebaikan.
136.Firdhi      : jadi, kamu mau bertemah sama aku ?
137.Nunu       : kenapa tidak?(sambil tersenyum)
138.Firdhi       : (memeluk  nunu) makasih yah, sekali lagi aku minta maaf atas semua kelakuanku yang menyakiti hatimu
139.Nunu       : iya … hmm jangan sedih dong, oia kalau aku boleh tau kamu seperti ini karena apa sih ?
140.Firdhi      : hmmm ini baru kali pertama aku menceritakannya kepada seseorang, ayah dan ibuku telah bercerai gara-gara ayahku selalu saja pulang malam dan alasannya lagui ada urusan d’kantorlah, aku sering mendengar ayah memarahi ibu bahkan mereka selalu bertengkar. Mungkin karena masalah itu aku jadi seperti sekarang ini. Seperti yang selalu fidy katakan pemarah dan egois.
141.( tapi di tenda sebelah ternyata fidy, irdam, dan fajar tak sengaja mendengar firdhi dan nunu bercakap. Mereka pun menghampiri firdhi dan nunu)
142.Fidy         : jadi karena itu kamu berubah ?
143.Firdhy     : kamu bisa liat sendiri kan tingkahku selama ini, maav jika selama ini aku tidak menceritakannya padamu.
144.Fidy         : maafin kata-kataku yang kasar kemarin yah(sambil berjabat tangan)
145.Firdhi      : iyaaa, (sambil tersenyum)
146.Irdam      : nah gitu dong, makanya fir kalau ada masalah itu di cerita, bukannya di pendam sendiri.
147.(tiba-tiba sri dan amalia pun datang menghampiri firdhi,fidy,nunu,irdam, dan fajar dengan wajah penuh penyesalan)
148.Sri            : fir, maafin kita yah. Jujur kita nggak  sanggup ngehancurin persahabatan ini.
149.Amalia     : iya fir, maaf yah. Kami ngaku salah
150.Firdhi      : iya sahabatku (dengan wajah yang ceria)
151.(mereka pun tertawa gembira dan saling merangkul)
152.Sri            : aku ma lia minta maaf yah nu.
153.Nunu       : iya, aku maafin
154.Fidy         : ok. Sekarang semua jadi lebih baik. Kebencian kita tinggalkan di tempat ini dan jangan biarkan persahabatan ikut menyatu dengan kebencian.
155.(mereka semua berkumpul)
156.Amalia     : eh, tunggu dulu . ada yang ketinggalan nih
157.Nunu       : siapa siapa siapa ?
158.Amalia     : ibu nina
159.(semua mahasiswi itu berteriak memanggil ibu nina)
160.Mahasiswi : ibu nina , gabung yuk
161.(kemah itu seakan menyimpan kenangan yang begitu berharga dan penuh dengan hikmah
SELESAI

JUDUL
MAKA-NYA SHARE DONG ^_^

Ada makna di Balik semua cerita

4 comments:

snsi said...

kelompok terkompak =)) (y)

excool smada said...

yah.. setuju :D

abdul said...

iyyakaah.... -_-
jadi kenapami??? :p

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment